APRESIASI PEMBELAJARAN SASTRA
(PUISI ANAK)
SEKOLAH DASAR KELAS V
A. STANDAR KOMPETENSI
Memahami teks dengan membaca intensif (150-200 kata) dan membaca puisi.
B. KOMPETENSI DASAR
Membaca puisi
dengan lafal, intonasi dan ekspresi yang tepat.
C. TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah
mempelajari materi berikut ini, siswa diharapkan dapat membaca puisi
dengan lafal, intonasi dan ekspresi yang
tepat.
D. MATERI PEMBELAJARAN
Disediakan 5
buah puisi anak
- Siswa
Siswa adalah
harapan orang tua
Generasi penerus
bangsa
Pelita di dalam
gelap gulita
Indah bak
pelangi di angkasa
Berjuang demi
masa depan
Belajar menjadi
yang terdepan
Menuntut ilmu
setinggi langit
Tanpa terasa
lelah dan sakit
Dengan tegap
kami melangkah
Bagai bunga
sedang merekah
Maju terus
pantang menyerah
Menyambut esok yang
makin cerah.
(Edo
Pradipta,2002).
- Penggembala
Kawanan itik
berlari riang
Kau sabar ikuti
dari belakang
Tak gentar panas
dan hujan
Apalah arti
segala rintangan
Pagi siang kau
terus berjalan
Menggiring itik
sampai ke seberang
Kau tinggalkan
kampung halaman
Entah kapan kau
akan pulang
Hari-hari kau
tidur di jalanan
Kadang berhenti
di sawah orang
Demi sesuap nasi
kau makan
Tak kenal lelah
tak kenal halangan
(R. Nirbaya, 2006).
- Taman Bunga
Bila kutatap
engkau
Hatiku sangat
senang
Rupamu cantik
Warnamu amat
menarik
Oh…. Taman bungaku
Berserilah sepanjang
waktu
Jangn pernah
layu
Jangan lupa
bersendu
Oh …. Angin dari
segala penjuru
Jangan kau sapu
taman bungaku
Biarkan taman
bungaku
Menebar keindahan,
menebar harum
(Karya Lin).
- Borobudur
Borobudur tercinta
Berdiri tegak
mempesona
Kebanggaan Indonesia
Dikagumi seluruh
dunia
Borobudur tercinta
Sebuah mahakarya
Buatan nenek
moyang kita
Yang tiada
duanya
(Triyo Adi, 2007).
- Kereta Api
Deru bunyi
kereta api
Penguasa darat
mulai berjalan
Pandangan terpaku
padanya
Bagaikan emas di
tengah tumpukan
Penguasa darat
melaju kencang
Bagai petir
membelah daratan
Asap hitam
mengepul
Zaman telah
berubah
Penguasa darat
memakai listrik
Tiada lagi
kepulan asap hitam
Rakyat bersorak
gembira
(Tamaela, 2008).
E. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
A.
Kegiatan Awal
1.
Mengkondisikan siswa ke arah pembelajaran yang
kondusif
2.
Berdoa dan mengabsen
3.
Apersepsi
B. Kegiatan
Inti
1.
Guru membacakan salah satu contoh puisi
2.
Guru menjelaskan tentang pengertian puisi dan isinya
3.
Guru dan siswa melakukan tanya jawab tentang isi puisi
yang telah dibacakan.
4.
Guru menugaskan siswa untuk memilih salah satu puisi
yang ada untuk dibacakan di depan kelas
5.
Semua siswa secara bergiliran membacakan puisi di depan
kelas
C.
Kegiatan Akhir
1. Guru
membuat kesimpulan dari kegiatan tadi.
2.
Guru memberi tugas rumah kepada siswa untuk nencari
contoh puisi dari buku/majalah.
F. EVALUASI/PENILAIAN
Bentuk : Performance
Jenis : Perbuatan/lisan
Evaluasi : Format Penilaian
Contoh Format Penilaian
NO
|
NAMA
SISWA
|
ASPEK PENILAIAN
|
JUM.
SKOR
|
NILAI
|
|||||
Lafal/
Intonasi
|
Ekspresi
|
||||||||
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
||||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
n
|
Nx100%
6
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Deskriptor :
·
Lafal /
Intonasi
ü
Nilai 1 jika lafal/intonasi terdengar kurang
jelas
ü
Nilai 2 jika lafal/intonasi terdengar jelas tapi
kurang sesuai
ü
Nilai 3 jika lafal/intonasi terdengar sangat
jelas dan sesuai
·
Ekspresi
ü
Nilai 1 jika mimik (ekspresi ) tidak sesuai
dengan watak tokoh
ü
Nilai 2 jika mimik (ekspresi ) sebagian besar
sesuai dengan watak tokoh
ü
Nilai 3 jika mimik (ekspresi ) sudah sesuai
dengan watak tokoh
Tidak ada komentar:
Posting Komentar