Pengikut

Minggu, 23 Juni 2013

PUISI ANAK



APRESIASI PEMBELAJARAN SASTRA
(PUISI ANAK)
SEKOLAH DASAR KELAS V


A.    STANDAR KOMPETENSI
Memahami teks dengan membaca intensif (150-200 kata) dan membaca puisi.

B.     KOMPETENSI DASAR
Membaca puisi dengan lafal, intonasi dan ekspresi yang tepat.

C.    TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah mempelajari materi berikut ini, siswa diharapkan dapat membaca puisi dengan  lafal, intonasi dan ekspresi yang tepat.

D.    MATERI PEMBELAJARAN
Disediakan 5 buah puisi anak
  1. Siswa
Siswa adalah harapan orang tua
Generasi penerus bangsa
Pelita di dalam gelap gulita
Indah bak pelangi di angkasa
Berjuang demi masa depan
Belajar menjadi yang terdepan
Menuntut ilmu setinggi langit
Tanpa terasa lelah dan sakit
Dengan tegap kami melangkah
Bagai bunga sedang merekah
Maju terus pantang menyerah
Menyambut esok yang makin cerah.
(Edo Pradipta,2002).
  1. Penggembala
Kawanan itik berlari riang 
Kau sabar ikuti dari belakang
Tak gentar panas dan hujan
Apalah arti segala rintangan
Pagi siang kau terus berjalan
Menggiring itik sampai ke seberang
Kau tinggalkan kampung halaman
Entah kapan kau akan pulang
Hari-hari kau tidur di jalanan
Kadang berhenti di sawah orang
Demi sesuap nasi kau makan
Tak kenal lelah tak kenal halangan
(R. Nirbaya, 2006).
  1. Taman Bunga
Bila kutatap engkau
Hatiku sangat senang
Rupamu cantik
Warnamu amat menarik
Oh…. Taman bungaku
Berserilah sepanjang waktu
Jangn pernah layu
Jangan lupa bersendu
Oh …. Angin dari segala penjuru
Jangan kau sapu taman bungaku
Biarkan taman bungaku
Menebar keindahan, menebar harum
(Karya Lin).
  1. Borobudur
Borobudur tercinta
Berdiri tegak mempesona
Kebanggaan Indonesia
Dikagumi seluruh dunia
Borobudur tercinta
Sebuah mahakarya
Buatan nenek moyang kita
Yang tiada duanya
(Triyo Adi, 2007).
  1. Kereta Api
Deru bunyi kereta api
Penguasa darat mulai berjalan
Pandangan terpaku padanya
Bagaikan emas di tengah tumpukan
Penguasa darat melaju kencang
Bagai petir membelah daratan
Asap hitam mengepul
Zaman telah berubah
Penguasa darat memakai listrik
Tiada lagi kepulan asap hitam
Rakyat bersorak gembira
(Tamaela, 2008).



E.     LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
A.   Kegiatan Awal
1.      Mengkondisikan siswa ke arah pembelajaran yang kondusif
2.      Berdoa dan mengabsen
3.      Apersepsi
B.  Kegiatan Inti
1.      Guru membacakan salah satu contoh puisi
2.      Guru menjelaskan tentang pengertian puisi dan isinya
3.      Guru dan siswa melakukan tanya jawab tentang isi puisi yang telah dibacakan.
4.      Guru menugaskan siswa untuk memilih salah satu puisi yang ada untuk dibacakan di depan kelas
5.      Semua siswa secara bergiliran membacakan puisi di depan kelas
C.   Kegiatan Akhir
1.      Guru membuat kesimpulan dari kegiatan tadi.
2.      Guru memberi tugas rumah kepada siswa untuk nencari contoh  puisi dari buku/majalah.
F.     EVALUASI/PENILAIAN
Bentuk      : Performance
Jenis          : Perbuatan/lisan
Evaluasi     : Format Penilaian

Contoh Format Penilaian
NO
NAMA SISWA
ASPEK PENILAIAN
JUM. SKOR
NILAI
Lafal/ Intonasi
Ekspresi
1
2
3
1
2
3
1







n
Nx100%
6
2










Deskriptor :
·         Lafal / Intonasi
ü      Nilai 1 jika lafal/intonasi terdengar kurang jelas
ü      Nilai 2 jika lafal/intonasi terdengar jelas tapi kurang sesuai
ü      Nilai 3 jika lafal/intonasi terdengar sangat jelas dan sesuai

·         Ekspresi
ü      Nilai 1 jika mimik (ekspresi ) tidak sesuai dengan watak tokoh
ü      Nilai 2 jika mimik (ekspresi ) sebagian besar sesuai dengan watak tokoh
ü      Nilai 3 jika mimik (ekspresi ) sudah sesuai dengan watak tokoh

Tidak ada komentar:

Posting Komentar